Jumat, 16 Oktober 2015

Tak ada yang sia - sia


Tidak selamanya apa yang kita jalani sesuai dengan apa yang tersirat dalam benak kita, dimana orang lain bangga dengan kesuksesannya sementara kita terkurung oleh kegagalan yang terjadi berulang – ulang padahal kita merasa bahwa usaha kita sudah sangat maksimal, ketika orang lain bisa bepergian dengan menggunakan sepeda motor model terbaru, sementara kita mungkin masih menggunakan sepeda onthel, ketika orang lain bisa berjalan dan berlari sementara kita mungkin hanya bisa duduk dikursi roda. Terkadang pada konteks seperti inilah, hidup yang kita jalani dianalogikan sebagai sebuah perjuangan. Dan sesungguhnya tak akan ada perjuangan yang sia-sia, ketika sebuah perjuangan itu sendiri diikuti dengan niat, semangat dan kehendak yang baik. Apalagi jika perjuangan itu sudah menjadi 'sahabat' setia kita. Jangan pernah menyerah karena akan selalu ada celah berupa kesempatan buat kita sekecil apapun itu.

                                                                                     sumber gambar : terptree.blogspot.com
Tetapi sangat banyak diantara kita yang hanya bisa mengeluhkan kehidupan yang penuh dengan tantangan. Mereka lupa harus belajar sesuatu dari sebuah tantangan, rasa sakit dan perjuangan hidup. Jika segala sesuatu di dunia ini sudah sempurna, maka kita tidak akan dapat belajar hal - hal baru atau mendapatkan semangat yang lebih besar untuk dapat berbuat lebih baik.
Adalah sebuah kebenaran bahwa kehidupan ini memang sulit. Setiap hari kita menghadapi tantangan kecil, sedang, dan berat, hingga sangat berat. Tetapi pada dasarnya tantangan kehidupan sangat diperlukan dan tidak akan mengurangi sedikitpun nilai kita sebagai manusia.
Tetap semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar