Sabtu, 06 Desember 2014

Minuman hangat yang menyehatkan

Minuman yang dibuat dari jahe sudah lama di kenal dan dimanfaatkan sebagai minuman penghangat alami, apalagi disaat musim hujan seperti sekarang ini. Cara membuatnyapun sangat sederhana, dan dalam artikel kali ini adalah kombinasi antara jahe dengan serai, Selain enak untuk diminum, campuran jahe dan serai juga sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah penyakit seperti pilek, sakit kepala dan manfaat – manfaat yang lainnya.

Adapun manfaat tumbuhan serai yang mungkin belum kita ketahui diantaranya :

1.    Baunya yang khas dapat digunakan sebagai mengusir nyamuk dengan ditumbuk agar aromanya keluar.
2.  Kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri dalam serai bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi pada usus, lambung dan saluran kemih.
3.    Senyawa analgesik yang ada pada tanaman serai berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan nyeri di bagian kepala, otot maupun persendian.
4.    Untuk anda yang sedang menderita demam, sifat anti-piretik sereh sangat berguna untuk menurunkan panas tubuh secara alami.
Oleh karena itu disarankan untuk menyertakan serai dalam minuman jahe alami mengingat manfaat tanaman serai sangat mengagumkan.
                                                    sumber gambar Google : resepajib.com

Langsung saja, adapun cara membuatnya :

1.    Bersihkan jahe dan batang sereh dari kotoran yang masih menempel dengan air mengalir.
2.    Tumbuk jahe dan serai yang sudah dibersihkan sampai hancur.
3.    Masukkan tumbukan jahe dan serai ke dalam panci kemudian rebus dengan air kurang lebih 200 ml air ( untuk satu penyajian )
4.    Angkat dan dalam menyajikan campurkan gula pasir secukupnya sebagai pemanis.



Mudah bukan?selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar